News

Alasan Fraksi PAN DPR RI Desak RUU Perlindungan Data Pribadi Masuk Prolegnas 2018

Alasan Fraksi PAN DPR RI Desak RUU Perlindungan Data Pribadi Masuk Prolegnas 2018

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Ahmad Hanafi Rais menjelaskan alasan partainya mendesak Rancangan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) dimasukkan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2018.

Menurutnya, saat ini masyarakat merasa khawatir data mereka disalahgunakan lantaran adanya aturan dari provider seluler untuk melakukan registrasi kartu SIM prabayar.

“Kami melihat masyarakat mulai khawatir, menyusul aturan registrasi SIM prabayar yang mengharuskan masyarakat memberikan informasi personal, seperti nama ibu dan NIK," ujar Hanafi, Jumat (26/1/2018).

Wakil Ketua Komisi I DPR RI itu kemudian menyebutkan alasan lainnya, yakni gencarnya pengumpulan data pribadi yang dilakukan penyelenggaran sistem elektronik asing.

"Lalu gencarnya penyelenggara sistem elektronik asing, yang mengumpulkan data pribadi masyarakat juga menjadi kecemasan," jelas Hanafi. Karena itu, fraksi PAN, kata putra dari pendiri PAN Amien Rais itu, ingin menunjukkan komitmen dalam memperjuangkan apa yang diharapkan oleh rakyat.

Komitmen yang ditunjukkan melalui cara mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mendorong Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) agar memasukkan RUU PDP dalam Prolegnas 2018.

"Untuk itu, kami komitmen dalam memperjuangkan harapan rakyat di parlemen,” tegas Hanafi. Pernyataan tersebut sekaligus untuk menanggapi apa yang telah disampaikan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani beberapa waktu yang lalu.

Perlu diketahui, kebijakan perlindungan data pribadi warga negara telah dilakukan oleh sejumlah negara.

Malaysia dan Singapura merupakan contoh negara yang telah memiliki regulasi Personal Data Protection Act (PDPA) serta sebuah badan yang bisa memastikan bahwa regulasi tersebut tetap ditegakkan.

Sumber: tribunnews

admin

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close