Anggota DPR RI Hanafi Rais: Setiap WNI Wajib Mengakui Pancasila

Anggota DPR RI Hanafi Rais: Setiap WNI Wajib Mengakui Pancasila

Anggota DPR RI Hanafi Rais: Setiap WNI Wajib Mengakui Pancasila

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI, Hanafi Raismengatakan, seluruh warga negara Indonesia (WNI) wajib mengakui adanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai wujud pengakuan tersebut, warga Indonesia wajib ikut menjaga keutuhan NKRI dan mewujudkan persatuan seluruh anak bangsa.

"Sejak dahulu, para Founding Father bangsa ini telah menempatkan Pancasila menjadi dasar paling kokoh dan tepat bagi bangsa Indonesia yang sangat majemuk dan persoalan tersebut telah selesai. Sehingga, bila ditemukan ancaman yang akan memecah belah bangsa ini maka semua warga bangsa harus membela bangsa ini," kata Hanafi Rais, Senin (1/4/2019).

Nah, untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan yang kuat diantara warga Indonesia. Maka, pemerintah melakukan banyak hal yang berujung pada meningkatnya kesadaran warga bangsa terhadap bangsa ini salah satunya adalah sosialisasi bela negara.

"Setiap warga negara dapat melakukan aksi bela negara sesuai kemampuannya," terang politisi PAN ini.

Analis Madya Dit Bela Negara Dit Jen Pothan Kementerian Pertahanan RI, Kolonel Inf Alex Batoek mengatakan, kegiatan sosialisasi bela negara merupakan bagian dari upaya membangun sikap dan karakter bangsa. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun dan menanamkan sikap mental dan perilaku warga negara untuk senantiasa cinta tanah air.

"Juga menyadarkan warga negara Indonesia selalu setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara," kata Alex. (*)

admin

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close