Hanafi Rais: Harusnya Asman Abnur Mundur dari Kabinet

Hanafi Rais: Harusnya Asman Abnur Mundur dari Kabinet

Hanafi Rais: Harusnya Asman Abnur Mundur dari Kabinet

Partai Amanat Nasional (PAN) tak mempermasalahkan jika Presiden Joko Widodo melakukan perombakkan kabinet dengan mereshuffle Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menpan RB, Asman Abnur.

"Sejak awal bang Asman masuk di kabinet sudah kita niatkan sebagai wakaf politik. Jadi apapun keputusan presiden kita terima Alhamdulillah," kata Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais kepada wartawan Selasa 14 Agustus 2018.

Putra pendiri PAN Amin Rais ini mengatakan, tanpa harus di reshuffle, Asman harusnya sudah mundur duluan sebagai konsekwensi PAN yang kini tidak lagi mendukung Presiden Jokowi.

"Kalau saya jadi Bang Asman, begitu sudah deklarasi (dukung Prabowo) kemarin, ya saya mundur saja daripada direshuffle," kata Hanafi. Baca Juga : Istana Segera Reshuffle MenPAN RB Asman Abnur Yusril : Koalisi Keumatan Yang Dibangun Prabowo Hanya Fatamorgana Sebelumnya, Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno mengatakan bahwa reshuffle kabinet segera dilakukan. Salah satu yang bakal dicopot adalah MenPan RB Asman Abnur.

Asman selama ini menjabat MenPan RB mewakili PAN. "Menteri dari PAN akan di-reshuffle," kata Pratikno, ketika memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 14 Agustus 2018.

Menurut Pratikno, reshuffle terhadap Asman Abnur karena pertimbangan koalisi, setelah PAN resmi keluar dari koalisi Jokowi dan bergabung pada Prabowo-Sandi.

Terkait koalisi inipula, Jokowi sebenarnya sudah membujuk dan mengajak PAN agar bergabung. Namun partai yang diketuai Zulkifli Hasan ini malah menolak dan memilih bergabung pada Prabowo. "(Resuffle) Ini konsekuensi dari pengkoalisian," ujarnya.

Pratikno mengatakan, kapan reshuffle akan dilakukan menunggu Jokowi pulang dari kunjungan lokasi bencana di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kita tunggu saja keputusan Pak Presiden. Kan beliau masih di NTB. Kalau yang memastikan Pak Presiden," kata Pratikno.
Sekadar diketahui, Jokowi melantik Asman Abnur sebagai MenPAN RB pada 27 Juli 2016 menggantikan Yuddy Chrisnandi. Pelantikan terhadap Asman dilakukan setelah PAN resmi bergabung ke koalisi Indonesia Kerja setelah sebelumnya PAN mengusung koalisi Prabowo-Hatta Rajasa pada pemilu 2014.

admin

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close