Ikhtiar Perjuangkan Nasib Rakyat, Mas Han Maju Lagi

Ikhtiar Perjuangkan Nasib Rakyat, Mas Han Maju Lagi

Ikhtiar Perjuangkan Nasib Rakyat, Mas Han Maju Lagi

Mas Han, panggilan aktab Hanafi Rais, akan maju kembali dalam pemilihan legislatif 2019, sebagai calon anggota legislatif. Ini merupakan ikhtiar politik, setelah pada Pemilu 2014, Mas Han mendapatkan amanah dari masyarakat Daerah Istimewa Jogyakarta. Pada pemilu 2014, Mas Han memperoleh suara tingi.

Bahkan, masuk sebagai 10 politisi dengan peroleh suara terbesar di Indonesia. Mas Han, mendapat yang maju dari Pattai Amanat Nasional (PAN) memperoleh 197.915 suara di dapil DI Jogyakarta.

Sepanjang menjadi anggota DPR, Mas Han mendapat posisi sebagai Wakil Ketua Komisi I. Tugas Komisi I ini meliputi wilayah Pertahanan, Intelijen, Luar Negeri, Komunikasi dan Informatika. Rekam jejak Mas Han yang cukup fenomenal, saat terjadi dugaan kebocotan data Facebook.

Saat itu, Komisi I DPR menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia dan Simon Miller, Vice President of Public Policy Facebook Asia Pacific. Dalam RDP tersebut, Mas Han menyatakan bahwa Facebook tidak bisa hanya melakukan imbauan agar operator lain tidak menyalahgunakan data terkait dengan terjadinya kebocoran.

Mas Han, mengemukakan dengan tegas, ketika ada fakta bahwa korporasi memperdagangkan data, maka tentu bisa jadi Facebook sebagai korporasi mengambil untung, khususnya mengambil untung 115 juta pengguna Facebook di Indonesia.

Mas Han mengungkapkan bahwa yang menjadi keresahan publik adalah Facebook membuat aturan sendiri, yang aturannya tidak tercatat dengan jelas mengenai masalah sanksi. Mas Han meminta Facebook untuk mengubah kebijakan dan menginginkan jaminan untuk menjalankan term of servicesterkait keamanan data dan distribusinya, sebab tentu tidak cukup hanya dengan minta maaf.

Namun, segala bentuk konten di Facebook harus disikapi secara serius. Mas Han juga meminta laporan audit investigasi Facebook seutuhnya dilaporkan dan tidak segan untuk memanggil Facebook kembali soal tindak lanjut pembahasan saat ini sampai dengan tindaklanjutnya. Termasuk, laporan audit investigasi terkait data pengguna Indonesia dan laporan seutuhnya. (*)

admin

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close